Rahmat Know

Mencoba Berbagi Ilmu Untuk Anda Semua

Powered by Blogger.

Membuat Proses Pembelajaran Online Yang Bersifat Interaktif.

Kali ini saya ingin memberikan informasi kepada agan-agan semua tentang membuat proses pembelajaran interaktif melalui internet atau intranet.  Dengan cepat dan mudah yaitu dengan menggunakan sebuah CMS (content management system) Moodle. Moodle sendiri dapat di gunakan menggunakan Xampp. Dengan mengikuti pemasangannya dengan klik per klik anda telah membuat pembelajaran yang interaktif melalui media online.

Saya sendiri menggunakan CMS ini untuk membuat system pembelajaran saya. Jadi tinggal rangkum pembelajaran yang udah di jelaskan pak/buk guru terus di masukan ke moodle. Di moodle kita bisa menempatkan materi kemudian memberikan kuis online dan masih banyak lagi. Selain itu moodle sendiri bisa di katankan interaktif karena pada versi (yang saya pernah buat) 1.9 terdapat fitur untuk berdiskusi.

Selain itu dalam hal sekuritas. Moodle ini sangat mengutamakannya buktinya yaitu untuk membuat password user saja kita harus memasukan 1 huruf besar,1 simbol,1 angka dan sisanya baru terserah misalnya 1Pin!. Jadi kita sebagai user di ajak untuk menjaga akun kita sendiri.

Dan ada beberapa hal lagi seperti hasil dari kuis online kita dapat di export menjadi beberapa format seperti .xls(excel), txt(text). Dan lainnya.

Setelah selesai menginstal CMS moodle maka tampilan awalnya akan seperti ini.













Terdapat kalender,berbagai tool dalam mengelolah moodle, kata-kata pembuka situs, breadcumbs . tampilan ini dapat anda ubah-ubah dengan menambah beberapa tambahan atau merubah susunan nya. Tetapi kalau menurut saya sangat bosan melihat thema moodle seperti ini jadi saya mengubah menjadi seperti ini ini biar tambah semangat kursus onlinenya.













Demikianlah informasi dari blog saya semoga bermanfaat.

Kalau ada yang mau download moodle bisa download di sini.
sedangkan themanya sendiri bisa download di sini.
Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "Membuat Proses Pembelajaran Online Yang Bersifat Interaktif."

 
Copyright © 2015 Rahmat Know - All Rights Reserved
Template By Kunci Dunia
Back To Top