Rahmat Know

Mencoba Berbagi Ilmu Untuk Anda Semua

Powered by Blogger.

Beberapa Komponen Umum Mengelolah Interface File Excel














Postingan kali ini saya ingin membahas tentang sesuatu yang penting bagi yang ingin mengelolah data menggunakan excel dengan tampilan yang di inginkan. Menggunakan excel bukan terbatas pada rumus-rumus excel saja, tetapi kita juga harus pandai mengelolah tampialan file excel itu sendiri.

Saya sendiri masih belajar mengelolah tampilan excel ini. Seperti membuat dokumen-dokumen tertentu yang banyak sekali memanipulasi Kolom dan juga Row. Jadi pada tutorial ini saya hanya menjelaskan hal-hal umum saja (tetapi walaupun umum ini sangat bermanfaat untuk pengelolahan file excel).

Berikut komponen sering digunakan dalam pengelolahan interface excel 2007-2010.

Merge & Centre
Ini adalah salah satu yang sering digunakan dalam hal membantu mengabungkan  Column atau Row.dengan ini kita dapat membuat memperlebar Colomn atau Row tanpa harus menganggu Row/Column lainnya.
Posisi Komponen : Menu Home => Dibawah Wrap Text

Wrap Text
Ini juga sering di gunakan untuk mempaskan text dengan ukuran Row. Terkadang ketika mengetik, ukurang antara Text dengan Row berbeda sehingga ada text yang tidak tampak. Tapi dengan menggunakan Wrap Text, Text tadi akan di sesuaikan dengan ukuran Row.
Posisi Komponen : Menu Home => Di atas Merge & centre

Border
Border sangat berguna dalam mebuat dokumen yang rapi. Dengan menggunakan Border, Text-text yang kita tulis antara Row dan juga Column memiliki pembatas. Sehingga enak untuk di lihat. Border yang sering di pakai ada 8 macam yaitu Bottom Border,Top Border, Left Border, Right Border, No Border(menghilangkan Border), All Border(setiap sisi dari Row/colum di kasih Border), Outside Border (Di sisi luar saja di kasih Border), Thick Box Border (sama seperti Outside Cuma Ukuran nya lebih tebal).
Posisi Komponen : Menu Home => Disebelah Kiri Fill Color

Insert
Insert berfungsi untuk memasukan Column atau Row baru. Menu insert ini sangat berguna untuk membuat surat-surat yang di daamnya terdapat banyak sekali row dan column. Selain itu insert juga bisa di gunakan untuk menyelipkan column atau row. Ada 4 macam insert yaitu : Shift cells right, Shift cells down, Entire Row(menyelipkan Row), Entire Colomn(Menyelipkan Column).
Posisi komponen : Klik Kanan => Insert

Margin
kalau membuat makalah atau laporan tentu tidak asing lagi dengan yang  namanya Margin. Margin sendiri berfungsi untuk membatasi penulisan, margin terdiri dari 4 komponen yaitu: Right Margin, Left Margin, Top Margin, Bottom Margin. Di Excel jika margin telah di tentukan biasanya akan muncul garis putus-putus sebagai pembatas. Dan biasanya Makalah/Laporan memiliki standar margin top:4 left:4, bottom:3, right:3
Posisi komponen : Page Layout => Di sebelah Kiri Orientation

Size
Size berhubungan dengan ukuran kertas ada A4, F4, Letter ,dsb.
Posisi Komponen : Page Layout => Disebelah Kanan Orientation.


Demikianlah Postingan kali ini bagi yang ingin berkomentar atau mau menambah silahkan berkomentar dengan baik di bawah.
Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "Beberapa Komponen Umum Mengelolah Interface File Excel"

 
Copyright © 2015 Rahmat Know - All Rights Reserved
Template By Kunci Dunia
Back To Top