Rahmat Know

Mencoba Berbagi Ilmu Untuk Anda Semua

Powered by Blogger.

Artikel Tentang Idul Adha


Idul adha adalah salah satu dari 2 hari raya besar bagi umat muslim. Idul adha memiliki ciri khas tersendiri di bandingkan dengan Idul Fitri. Kalau pada hari raya Idul Fitri kita mendapatkan Moment berpuasa maka pada Hari Raya Idul Adha kita mendapatkan moment berkurban. Berkurban sendiri di lakukan pada hari raya Idul Adha dan juga 3 hari Tasyrik Setelah Hari Raya dan Di lakukan setelah Shalat Idul Adha. Berkurban, memiliki sejarah tersendiri. Kisahnya sendiri terjadi pada masa nabi Ismail A.S dan ayahnya nabi Ibrahim A.S

Di ceritakan setelah nabi Ismail tumbuh besar menjadi anak yang Sholeh. Ayahnya nabi Ibrahim kembali ke tempat Nabi Ismai di besarkan yaitu di Mekkah. Sehingga pada suatu hari nabi Ibrahim mendapatkan sebuah mimpi tentang perintah untuk menyembelih anaknya Ismail. Pada awalnya nabi Ibrahim menghiraukan Mimpi itu. Tapi mimpi itu terus datang hingga 3 kali maka tahulah nabi Ibrahim bahwa mimpi itu merupakan perintah dari Allah SWT.

Nabi Ibrahim pun mengatakan hal ini kepada anaknya. Tentunya nabi Ibrahim sangat sedih dengan hal tersebut namun ini semua adalah perintah dari Allah SWT. Setelah mengatakan itu kepada anaknya Ismail. Nabi Ismail justru senang dan menyuruh ayahnya untuk segera melakukannya karena perintah itu datang dari Allah SWT. Akhirnya di persiapkan lah penyembelihan nabi Ismail.

Namun ketika Pisau tajam menempel pada leher nabi Ismail dan nabi Ibrahim bersiap menyembelihnya. Dengan Kuasa Allah SWT, Allah menganti nabi Ismail dengan sebuah Qibas yang sangat gemuk dan sehat. Maka dari itulah sejarahnya Berkurban Pada Hari Raya Idul Adha. Maka berkurban mengingatkan kita kembali dengan peristiwa tersebut di mana Nabi Ibrahim dengan Iman nya bersedia untuk menyembelih anaknya sendiri.

Dalam berkurban hewan yang dapat di kurbankan yaitu Unta,Sapi,Kambing dan Domba. Namun di Indonesia sendiri tidak ada Unta. Sehingga dalam pelaksanaanya di Indonesia biasanya mengunakan Daging Sapi atau Kambing.

Selain hari Raya Kurban, Hari Raya Idul Adha juga di kenal dengan sebutan Hari Raya Haji Karena para Jemaah Haji di seluruh dunia sedang melaksanakan Ibadah Haji mereka Mekkah.
Selamat Hari Raya Idul Fitri Yaa Semuanya



Demikianlah Postingan saya kali ini semoga bermanfaat. Jangan lupa Comment di bawah yaa!!!
Bagikan :
+
Previous
Next Post »
2 Komentar untuk "Artikel Tentang Idul Adha"


Semangat iabadah qurban, berbagi kebahagiaan ada yang model lembaga qurban online seperti saat ini banyak dilakukan, karena bisa lebih mudah dikala kesibukan untuk berkurban

Informasi yang cukup menarik. Kami juga mempunyai berita mengenai idul adha. Silahkan kunjungi situs kami di news.unair.ac.id/2019/07/20/jelang-idul-adha-pdhi-jatim-ajak-pengurus-masjid-surabaya-tingkatkan-kualitas-daging/. terimakasih

 
Copyright © 2015 Rahmat Know - All Rights Reserved
Template By Kunci Dunia
Back To Top